Sabtu, 05 Januari 2013

Review of My Trip


Saya sangat suka travelling/trip kemana pun, apalagi ke tempat-tempat baru. Saya suka dengan wangi khas ketika saya menginjakan kaki saya di tempat yang sebelumnya tidak pernah saya kunjungi. Wangi yang berbeda dari biasanya. Banyak nilai yang saya rasakan dari setiap perjalanan yang saya lakukan. Selain membuat saya semakin mengetahui dan bersyukur atas segala keindahan yang Allah ciptakan untuk umatnya, saya juga merasa bangga dan makin mencintai negeri ini, Indonesia.
Semakin mencintai Sang Pencipta dan juga ciptaannya. Itulah manfaat dari perjalanan ini.
Saya mulai sering melakukan perjalanan ini semenjak saya kuliah, sekitar tahun 2008. Memang tidak terlalu banyak tempat yang saya kunjungi semasa itu, karena terbentur biaya dan waktu. Tapi walaupun demikian membuat saya cukup puas.
Ketika saya mulai bekerja, ketika itu awal tahun 2011, saya tidak menjadikan trip/travelling ini sebagai resolusi saya selama setahun ini, karena ada resolusi saya yang lain yang lebih besar. Namun selama setahun ini saya melakukan beberapa travelling yang membuat saya tidak bisa melupakannya. Pada sekitar bulan Mei, Ujung Genteng menjadi tempat pilihan untuk kami (saya dan sahabat-sahabat kuliah saya) jamah. Kemudian pada bulan Juli saya ditugaskan bekerja selama 3 minggu ke Semarang, tak bisa saya lupakan pula, selama tugas kerja tersebut saya memanfaatkannya untuk mengeksplor kota tersebut. Setelah itu, pada bulan September saya mengunjungi kota tua, Jakarta Barat dan kemudian mengekplornya seharian. Selanjutnya di akhir tahun, sekitar bulan November saya dan teman-teman sekantor melakukan outing yang diadakan oleh perusahaan saya selama 2 hari di kota Cisarua-Bogor. Serta beberapa trip kecil yang saya lakukan dalam satu hari.
Berikut beberapa foto-fotonya :






Barulah ketika memasuki tahun 2012, trip/travelling itu saya jadikan sebagai resolusi besar saya. Dan ternyata Allah memberikan segala bentuk kemudahaan dalam setiap jalan yang saya tempuh untuk resolusi saya ini. Kendala terbesar saya adalah teman, teman yang mempunyai hobby yang sama dalam melakukan petualangan ini. Jujur, menurut saya tak banyak orang yang menyukai hobi saya ini, selain membuang-buang waktu, juga membuang-buang uang, sehingga banyak dari teman saya yang pernah saya ajak menolaknya mentah-mentah dengan banyak alasan, sehingga menjadikan saya sangat sulit untuk mewujudkannya. Namun demikian, di awal tahun 2012 saya melakukan trip ke kepulauan seribu, yaitu pulau tidung besar, tidung kecil, payung besar, dan payung kecil bersama sahabat saya. Trip tersebut membuat saya terpana, ternyata di Jakarta selain macet, banjir, dan polusi ada juga tempat seindah itu. Selanjutnya di bulan Maret, saya beserta sepupu-sepupu tersayang saya melakukan perjalanan ke pantai Pangandaran dan Green Canyon. Yang paling menarik adalah kebahagiaan bepergian bersama sodara-sodara yang jarang saya lakukan dibanding dengan teman-teman. Dan saya puas dengan trip ini. Kemudian di bulan April saya beserta sahabat-sahabat saya di Leading 8 (kantor lama saya) mengunjuki tempat kediaman supervisor kami, Kang Tono di Kuningan. Dua hari cukup untuk mengeksplor tempat yang dingin ini, walau kami rasa masih kurang. Untuk beberapa bulan berikutnya saya tidak banyak melakukan perjalanan sendiri, berhubung saya mempunyai jadwal berkala setiap 2 bulan sekali melakukan arisan di Bandung bersama sahabat-sahabat saya semasa kuliah (Ce Co Ce). Ini bukan sekedar arisan, tapi juga sebuah trip, karena banyak tempat-tempat baru yang saya pijak, diantaranya Ciater-Subang, Sierra, AWC (Alam Wisata Cimahi), dan Siette. Serta selain itu  saya banyak melakukan trip bersama sahabat saya, Arini Rusyda, diantaranya Dago Pakar, Kawah Putih Ciwidey dan Gunung Padang.
Tahun 2012 ini menjadi tahun keemasan bagi saya, karena Allah mempermudah setiap usaha saya untuk menggapai impian saya. Saya menemukan komunitas yang selama ini saya cari, yaitu Komunitas Backpacker Indonesia, dimana di sini saya bisa melakukan trip kemanapun saya mau bersama teman-teman yang mempunyai tujuan yang sama. Voila!
Di awali di awal Desember, trip pertama saya bersama BPI, yaitu backpacking wisata budaya ke Baduy Dalam. Tanggal 8 Desember saya ke Dufan, kemudian tanggal 22-25 Desember saya trip ke Kawah Putih-Ciwidey dan Gunung Padang. Diakhir tahun dan juga awal 2013 saya dan teman-teman BPI melakukan trip marathon ke-3 tempat tujuan, yaitu Daratan Tinggi Dieng (Percandian Arjuna, Kawah Sikidang, Telaga Warna, Gunung Sikunir), kota Yogjakarta (Malioboro), dan Gunung Kidul (Pantai, Goa, dan Curug).
Berikut foto-fotonya :



























Begitulah perjalanan saya beberapa tahun kebelakang.
Dan di tahun 2013 ini, backpacking masih menjadi resolusi terbesar saya. Berikut beberapa tempat yang menjadi passion untuk saya kunjungi : Malang-Semeru (insyaAllah Januari), Bali-Lombok (InsyaAllah Maret/Mei), Thailand-Singapore-Malaysia (InsyaAllah Oktober), serta yang belum saya rencanakan kapan waktunya, yaitu : Anak Gunung Krakatau, Kawah Ijen, Baluran, Gunung Gede, Bangka-Belitung, Karimun Jawa, dan trip-trip kecil lainnya. Semoga terkabul ya Allah! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar